Minggu, 21 Oktober 2007

Makhluk hidup

Akuarium dan ikan-ikan kecil.

Hobby baru sekaligus babak baru. Ga' pernah punya binatang piaraan sebelumnya, dan ga' pernah tertarik juga siih. Selalu ada pertama kali untuk segala sesuatu, kan?

Awalnya, waktu ke Bunaken snorkeling, seneng banget lihat ikan2 warna-warni. Terus, pas lagi ke Ace HW, lihat akuarium kecil dan simpel. Pengen... tapi mahal yah. Nah, lebaran kemaren ke rumah saudara yang banyak banget akuariumnya, bikin sendiri. Ngobrolin ikan, sambil makan salak bali... sambil menjaga silaturahmi. Pas banget :) Makin tertarik dan action plannya: Beli dan mengurus akuarium dan mahkluk2 kecil di dalamnya.

Momennya pas kebetulan kantor minggu lalu sepi. Pas Kamis siang, puasa kan.. jadi waktunya bisa dipakai buat ke tukang ikan. Temen di kantor ternyata pakar akuarium. Mantap. Jadilah, kita bertiga... satu lagi temen yang sudah punya akuarium juga (beli di Ace) supaya anaknya kalau disuapin bisa sambil ngasih makan ikan. Lucuna.

Beberapa toko di Jalan Sumenep masih tutup. Tapi nemu juga, akuarium kecil (ukuran 45x30x35) lengkap pake filter, lampu...sekalian juga tanaman air dan pasir hitam... sama kayu mirip batu. Bungkus. 300 ribu... Ah, biarlah, nawar2 juga kasihan sama mang Cecep yang jualan, kalau di Ace sejuta, juga ga pake nawar kan...

Ikannya ga' boleh beli dulu, tunggu weekend kata pakar. Biar tanamannya beradaptasi. Ckckck... akuarium kecil aja pake metodologi juga yah, biar gimana ini ngurusin mahluk hidup juga kan.

*Sabtu*
Ke tempat mang Cecep lagi. Minta ganti pipa filter yang bocor, malah dikasih satu set. Duuuh, untung kemaren2 ga' pake nawar. Dan, ke toko di belakangnya yang jual ikan. Jadilah neon 20 pindah ke kantong plastik... ditambahin dua lagi sama si mamangnya :) Juga dibawain cacing rambut buat makanan ikan buat 3 hari... geli juga sih, hidup cacingnya.

Si mamang ngasih wejangan, dari caranya masukin ikan, kapan aja ngasih makan, gimana ngebersihin air dsb. Jadi orang memang nggak boleh pelit ilmu ya. Berbagi... mudah2an jadi sedekah, ya mang.

Babak baru dengan ikan dan akuarium. Mungkin buat orang lain biasa aja, tapi buat aku banyak pelajarannya... Sangat erat dengan niat mengisi waktu dengan keteraturan agar bermanfaat. Yang berlebihan adalah kehebohan aku.. kalau itu mah memang sudah sifat bawaan. Tapi, yang berbeda sekarang adalah komitmen dalam menjaga niat. Insya Allah.

Selamat datang ikan2 kecil di rumah baru...

1 komentar:

zuki mengatakan...

Begini tokh gaya menulisnya ... :-P